![](https://www.lombadesain.id/wp-content/uploads/2020/12/negative-space-business-ideas-sticky-notes-scaled.jpg)
Logo merupakan elemen terpenting dalam sebuah brand, selain fungsinya sebagai identitas, logo yang berkualitas bahkan harus bisa menjelaskan visi misi dan lini bisnis dari brand tersebut dalam sekali pandang. Sebuah logo wajib memiliki filosofi, arti, juga kerangka pemikiran dengan tujuan agar melahirkan sifat yang independen dan tidak mengandung makna dari brand lain.
Baca juga : Desain Grafis bukan Desain Gratis
Nah Sobat Creator, berikut ini mimin punya ulasan mengenai beberapa jenis logo yang wajib kalian tahu sebagai seorang desainer grafis, cekidott . . .
Letter Mark
Merupakan logo yang terdiri dari potongan huruf berdasarkan inisial dari sebuah perusahaan atau brand tertentu, inisial bisa berupa singkatan atau pengambilan beberapa huruf dari nama panjangnya. Contohnya CNN, IBM, EA, MTV, HBO, NASA, dll .., dengan menggunakan singkatan dalam logo mereka, membuat siapapun pasti dapat mengingatnya dengan cepat , lain halnya jika menggunakan nama asli sebagai identitas dalam logo, wahhh pasti ribet sih ngapalinnya. .hee
Word Mark
Simpelnya, logo word mark adalah logo yang berbentuk kata, berbeda dengan letter mark yang hanya berupa huruf saja. Word mark banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan yang memang nama yang mereka ambil tidak terlalu panjang, contohnya Disney, Google, Microsoft, Cannon, FedEx, dll
Character / Maskot
Sesuai namanya, logo maskot menggunakan karakter yang mereka ciptakan sendiri sebagai identitas utama dalam logonya, bisa berupa Brand Ambassador dari kalangan orang terkenal, makhluk hidup seperti hewan dan binatang, ataupun ilustrasi berupa kartun. Contohnya KFC, Dreamworks, Pringless, Hokben, dll
Pictorial Mark / Logo Simbol
Logo jenis ini berupa gambar/simbol yang sengaja di pilih untuk mewakili identitas sebuah brand, logo berjenis pictorial mark biasanya berdiri tunggal tanpa adanya tulisan apapun, tapi ini tak selamanya baku, terkadang ada beberapa perusahaan yang mencantumkan nama mereka pada logo jenis ini, hal tersebut dipakai untuk menaikan nilai brand identity pada logonya. Contohnya Android, Shell, Apple, Twitter, dll
Abstract Mark
Logo abstrak menggunakan bentuk / shape abstract sebagai elemen utama logo mereka, dan tak jarang menggunakan teks sebagai elemen pendukung pada logo. Walaupun abstrak namun biasanya filosofi yang terkandung justru lebih dalam, karena desainer biasanya berpacu pada visi misi / profil perusahaanya ketimbang nama dari perusahaan itu sendiri. Contohnya pertamina, Pepsi, Indosat, Adidas, Nike,dll
Emblem
Layaknya sebuah emblem, logo jenis ini menggunakan sebuah elemen / shape yang memiliki teks maupun elemen lain di dalamnya. Logo jenis ini biasa di pakai oleh klub olahraga dan organisasi, contohnya Manchester united, Starbucks, Harley-Davidson, Hvard, Lamborghini,dll
Kombinasi
Logo kombinasi adalah logo yang terdiri dari gabungan logo abstrak, mascot, tulisan/huruf dan gambar. Setiap elemenya dapat diletakkan berdampingan, ditumpuk satu sama lain, atau diintegrasikan bersama untuk membuat sebuah gambar. Contohnya Doritos, burger king, dll
Sekian Penjelasan dari mimin, kyrang dan lebihnya mon maap. .,, see youuu